Monday, August 10, 2015

[Tutorial] Peer To Peer pada Cisco Packet Tracer

By Maulana Yusuf   Posted at  7:59 PM   Tutorial No comments


Bissmilaahhirohmannirohim.
Assalamualaikum Wr. Wb.
Wassaaapp broo? apik-apik wae tha? Yoi ..
Oke bro, pada kesempatan kali ini gw akan berbagi sedikit ilmu-ilmu gw yang gw udah pelajari di sekolah. dan kebetulan, gw ini sekolah jurusannya Teknik Komputer dan Jaringan. dan gw akan mengajarkan ilmu-ilmu tentang Cisco Packet Tracer. disini juga gw bukan udah ahli yang namanya cisco paket tracer, so kita belajar bersama-sama aja, oke. Nah, bagi kalian yang sekolah jurusan yang sama dengan gw, pasti di telinga kalian udah gak asing lagi tuh yang namanya tu program. Oke langsung aja kita mulai.
Pada pembelajaran kali ini gw akan memberikan sebuah tutorial graatiss tentang jaringan Peer To Peer. dan tahukah apa itu Peer To Peer? Peer To Peer kalau menurut Wikipedia adalah Peer-to-Peer (bahasa Inggris) atau teknologi dari “ujung” ke “ujung” pertama kali di luncurkan dan dipopulerkan oleh aplikasi-aplikasi “berbagi-berkas” (file sharing) seperti Napster dan KaZaA. Pada konteks ini teknologi P2P memungkinkan para pengguna untuk berbagi, mencari dan mengunduh berkas. Nah, ngerti kan bro? kira-kira udah masuk ke otak belum? hehe. Oke untuk lebih singkatnya, Peer To Peer adalah salah satu model jaringan komputer yang terdiri dari dua atau beberapa komputer, dimana setiap station atau komputer yang terdapat di dalam lingkungan jaringan tersebut bisa saling berbagi. Naaaahhh.. ngerti kan? kalau belum ngerti juga, silahkan dah untuk search sendiri di mbah gugel. :)
Oke bro langsung wae :
Untuk hubungan peer to peer ini, kita akan coba menghubungkan 2 buah laptop menggunakan kabel crossover 
1. Buka program Cisco Paket Tracer ente bro. kalau belum punya silahkan saja untuk download disini. >>Download<< 
2. Buatlah design jaringan seperti berikut ini:


3. Dan selanjutnya, silahkan beri IP ADDRESS dan COMPUTER NAME
4. Untuk memberikan IP ADDRESS itu cukup mudah. Klik2x saja pada Laptop01, Klik Dekstop, dan Klik Ip Configuration.
5. Nah, Silahkan isi Ip address dengan 192.168.10.10 dan subnet mask 255.255.255.0. Gampang kan?
6. Selanjutnya lakukan hal yang serupa pada Laptop02.
7. Jika sudah diberikan IP ADDRESS pada masing-masing laptop, silahkan lakukan percobaan dengan menggunakan cara PING melalui Command Prompt atau Simple PDU yang berada disebelah kanan.
8. Untuk melakukan percobaan melalui Command Prompt, anda bisa Klik2x pada Laptop tersebut, misalnya Laptop01. jika sudah, Klik Dekstop, kemudian klik Command Prompt.
9. Dan pada jendela Command Prompt, silahkan untuk mengetik "ping 192.168.10.11" dan itu artinya dia akan mencoba mengirim pada Laptop02. Jika percobaan itu berhasil. maka akan mucul bacaan seperti dibawah ini:

10. dan untuk melakukan percobaan melalui Simple PDU, itu akan lebih mudah lagi. Namanya aja udah simple,ya pasti gampang lah untuk dicoba.. yoi.  Dan langkahnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini: 

Nah, gampang kan bro? 
Okee itulah sedikit latihan untuk melakukan Peer To Peer dalam program cisco packet tracer. semoga tutorial kali ini membantu kalian semua dalam mengerjekan tugas sekolah, maupun yang sedang dalam proses belajar. 
Dari saya cukup sekian, sampai ketemu lagi di artikel berikutnya. Bilamana ada yang ingin dipertanyakan, bisa bertanya di kolom komentar yang ada di bawah postingan ini. atau bisa mengirim pertanyaan ke email saya yaitu: maul_ana@hotmail.com. 
Terimakasih.. Wassalamualaikum. Wr. Wb. 

About the Author

Maulana Yusuf. was born in Bogor. Live in Depok. I love writing. I and love football.
View all posts by: Maulana Yusuf

0 komentar:

Mohon beri komentar anda untuk kemajuan blog kami, dan beri komentar yang baik dan sopan. Terimakasih.

Back to top ↑
Connect with Us

© 2013 Zancker Blog. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.