Monday, January 4, 2016

Explore Bogor : Danau Quarry eks Jayamix Rumpin.

By Maulana Yusuf   Posted at  11:05 PM   rumpin 43 comments

Danau Quarry dilihat dari tebing kedua.


Bissmillahirohmanirohim.

Perjalanan ini berawal dari sebuah ajakan teman saya untuk menghabiskan sisa-sisa waktu liburan sekolah. Dan dalam ajakan itu dia (teman saya) mengajak saya untuk mengunjungi sebuah danau yang berada di daerah Bogor. Dalam pikiran saya pun mungkin jika saya menghabiskan sisa-sisa waktu liburan hanya pergi ke sebuah danau akan menjadi liburan yang membosankan, tapi dia meyakini saya agar mencobanya terlebih dahulu, dan dia sempat memperlihatkan foto-foto pengunjung di sana yang di-upload di Instagram. Kalau dilihat dari foto-foto yang dia perlihatkan danau itu memang keren, saya pun mulai penasaran dan tidak menolak ajakannya.

Pagi hari, tepat di hari terakhir pada tahun 2015, saya dan teman-teman sudah bersiap untuk melakukan perjalanan. Tempat itu tidak terlalu jauh dari tempat tinggal kami. Danau Quarry ini terletak di sebuah dusun yang memilliki potensi material batu dan pasir bernama Dusun Nunggaherang, Tegallega, Cigudeg. Perjalanan kami dari rumah ke tempat tujuan Alhamdulillah lancar tanpa tersesat ataupun kendala lainnya. Karena teman kami yang mengajak ke sana sudah tahu jalan menuju tempat tersebut. 

Sesaat sebelum sampai di sana, kami berhenti sejenak melihat pemandangan danau tersebut dari jauh. dan setelah itu ada seorang warga lokal di sana memanggil kami dari jauh untuk langsung datang ke danau tersebut. Dan kami pun segera menyalakan kendaraan untuk berjalan ke sana. Warga lokal di sana pun banyak yang mengatur dan menjaga parkiran. Dan mayoritas yang datang ke sana itu menggunakan sepeda motor. Kami pun memarkirkan motor dengan biaya Rp. 10.000 per motor dengan karcis yang tertulis “Danau Quarry Eks Jayamix” Kp. Nuggaherang Ds. Tegallega, Cigudeg.


Setelah memarkir kendaraan, kami pun bergegas untuk memulai langkah naik ke atas tebing untuk melihat pemandangan dari atas. kalau saya baca-baca di internet untuk untuk mencari informasi tentang danau tersebut, danau ini adalah air tawar yang merupakan bekas pertambangan pasir, yang sudah lama tidak digunakan dan lubangnya terisi penuh dengan air hujan. Warna hijau toska yang menggoda dengan lanskap tebing tinggi yang mengelilingi, pastinya membuat siapa saja jatuh hati. bagaimana alam telah mengambil alih pekerjaan manusia yang sudah terbengkalai bertahun-tahun.





Setelah beberapa lama kami berada di tebing pertama, kami mencoba untuk mendatangi tebing kedua yang lebih tinggi. karena cuaca di sana cukup panas dan kami ingin angin segar di tempat yang lebih tinggi.



Dan itu adalah jalan naik untuk tebing kedua. jalan itu cukup tinggi dan terjal. dan disarankan untuk anda yang ingin menjalajahi tempat ini memakai sepatu atau sendal yang safety.


Panorama dilihat dari tebing yang paling tinggi.


Sesaat sampai di atas, kami duduk sejenak untuk memandangi pemandangan danau tersebut dari atas yang luar biasa Masya Allah indahnya. dan tangan siapapun pasti merasa gatal untuk memotret mengabadikan tempat tersebut.

Hari pun sudah sore, dan terpaksa kami pun harus meninggalkan keindahan alam tersebut. dan sesaat saya turun dari tebing tersebut, saya mengalami kecelekaan kecil. kaki saya sedikit terpeleset. dan Alhamdulillah untungnya kaki saya bisa menahan. dan tidak terjadi hal yang fatal pada diri saya.


Terimakasih banyak :))

About the Author

Maulana Yusuf. was born in Bogor. Live in Depok. I love writing. I and love football.
View all posts by: Maulana Yusuf

43 comments:

  1. Assalamu'alaikum
    Bang boleh tanya..
    Tempat nya klo dr gunung munara itu ke arah mana ya...
    Daerah kearah lokasi danau itu ( nugahelang ds. tegallega cigudek..makasih bang wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam..
      Maaf mas sebelumnya, sebenarnya agak susah untuk menjelaskan di mana lokasinya. Kalau dari gununung munara, mas Jefry bisa lurus saja belok kanan (sesudah gang sebelum masuk gn. Munara) sampai menemukan pertigaan. Dan mas Jefry bisa ambil belok kiri. Dan seterusnya mas bisa menanya ke warga sekitar tentang tempat tersebut. Mohon maaf mas, dan terimakasih. :)

      Delete
    2. Dari pertigaan gn. Nyuncung anda bisa ambil arah rumpin menuju pertigaan jenala lalu belok kiri menuju kp. Jatinunggal. Trus stlh nyampe TPU/makam jatinunggal anda lurus ajj (jgn belok kanan) dan melintasi jembatan menuju arah pasar kemang...dari sini skitar 200 mtran.

      Delete
    3. Ka Kalau dari bnr lewat mana ? Trus kalau dari jmbatan msrah lwat mana

      Delete
  2. Subhanallah Cigudeg jadi bangga tinggal dicigudeg mulai banyak wisata hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe. Terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
    2. Terahir gwbkelokasi itu 1th lalu wktu gw bngun rmh n gw ambil pasir distu. Slbhnya gw cw lewat aja bangga jg daerah gw pnya lokasi wisata

      Delete
  3. kalau lewat cigudeg lewat mana kalau dari arah Leuwiliang?
    kasih pengarhan dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya mohon maaf mas Juanda Ilham, saya tidak tau kalo dari arah Leuwiliang, karena saya juga dari arah depok ke arah jalan gunung munara dan seterusnya.

      Delete
    2. Bankk kl dr depok jalurnya sama kyk k munara??
      .terus kemana lagi??

      Delete
  4. Gan mau nanya, klo dr arah cibinong lebih deket lewat mana yah? Ke bogor dlu atau alternatif parung. Tolong jelasin gan, sumpah gak tau jalan. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menerut saya lebih baik alternatif parung, ke arah ciseeng.

      Delete
  5. akses jalan kalau menggunakan angkot gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mas Zainal Mutakin, setahu saya di daerah sana jarang ada angkot yang melintas. Terimakasih :)

      Delete
  6. Permisi mas saya mau nanya, kalo dari pertigaan itu kan belok kiri yaa. Trus kan ketemu pertigaan lagi, itu lurus atau belok kiri lagi. Soalnya saya ambil jalan lurus ternyata malah kesasar, udah sering nanya ke warga lokal juga tapi jarang ada yg tau tempat nya. Mohon di kasih tau mas, terimakasih.

    ReplyDelete
  7. Om mau nanya itu masuk yg gg, Gunung munara baru lurus aja, apa lurus aja gak usah masuk gg, Gunung munara

    ReplyDelete
  8. Buat om om sory ni ane ikutan hehehe...kalo dari arah gang gunung munara lurus masih gas terus gas gas gan ...ntr sampe ketemu per3an mentok kanan dan kiri ...agan agan ambil yg ke arah kiri ...nah dari situ masih maju terusss sampe ketemu gang yg ada baca pt jayamix gito dah adanya di sebelah kiri gan masuk aja ikutin jalan danaunya gak jauh ko dari sini ...semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  9. Mohon pencerahannya nih om . kalo dari pesantren al - muklishin ciseeng parung kemana lagi yaaa ?

    ReplyDelete
  10. Mobil masuk ga ya sampe parkirannya?

    ReplyDelete
  11. ALAMAT DANAU JAYAMIX
    corry mas Maulana... Klo ane ikut bantu akses danau jayamix.
    Dari simpang empat ciseeng -> simpang tiga patatnutug lalu belok kanan -> pertigaan pasar gn. Nyuncung lalu anda belok kanan ambil arah rumpin -> pertigaan jenala lalu belok kiri -> kp. Jatinunggal. Trus stlh nyampe TPU/makam jatinunggal anda lurus ajj (jgn belok kanan) dan melintasi jembatan menuju arah pasar kemang...dari situ skitar 200 mtran. Okay....

    ReplyDelete
  12. Gan bantu saya akses jalan dari cibinong dong enaknya lewat mana dan cepetnya lewat mana ? Thanks gan ^-^ mohon bantuannya

    ReplyDelete
  13. Dri cibinong ke kemang. Ciseeng, rumpin , ps kemang

    ReplyDelete
  14. wah sepertinya tempat ini hits yah banyak yang berkunjung kayaknya smeoga saya gak kesasar deh aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat gampang ko untuk menuu lokasi
      1. kl dri tangerang bsa ambil pasar cicangkal janala, jatinunggal n pasar kemang.
      2. bsa jiga kelegok, parung panjang, gunung dago, ciheulang pasar kemang
      3. kl dari depok bogor kota dan sekitarnya ambil jalur ciseeng, gunung nyungcung ( gn munara) janala, Jatinunggal n Pasar kemang

      Delete
    2. saya ucapkan banyak terima kasih kepada para Visitor sudah berkunjung dan meluangkan waktunya ke daerah kami dan tolong kalau ada masukan atau saran dikemukakan aja karena ini juga untuk kepentingan bersama dan kami juga bsa memperbaiki baik dari segi pelayanan ataupun yang lainnya

      Delete
    3. kalau mau naya sama orang disana tolong sisipkan nama daerah ya seperti pasar kemang atau nunggaherang

      Delete
    4. Akses menuju lokasi dri arah cigudeg itu ke lebak wangi, sinengah n pasar kemang. Kl dri lewiliang itu bsa lewat rupin bsa juga lewat cigudeg bsa jg lewat rumpin tp lewat rumpin lebih dekat

      Delete
    5. Ka kalo dr leuwiliang lurus apa gimana. Boleh mnta nomer telfon biar jelas infonya??

      Delete
  15. emang gunung ini milik PT. Jamix jdi ga salah sekarang kl terkenal dengan danau jayamix. tp kalau boleh saran tema diatas kl bsa ditambahkan dengan gunung PANENJOAN karena aslinya nama gunung itu adalah Panenjoan kalau kata orang sunda Panempoan, sekilas kebelakang Th 1993 sya kalau mau lihat kota terangnya jakarta atau tanggerang pasti naik ke gunung panenjoan itu semua pasti terlihat ketika malam. terima kasih

    ReplyDelete
  16. Assalamualaikum , mas saya mau tanya kalau saya dari Jakarta mau naik kereta turun di st bogor , saya bisa naik angkot apa ya ? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disarankan bawa kendaraan pribadi sist,gak ada angkot disana

      Delete
  17. Maaf mau tanya udara disana gersang atau sejuk ya? Makasih

    ReplyDelete
  18. allhamdulillah kalo untuk siang hari karna tempat rimbun yg ada pepohonan di atas tebing ..
    tapi disana ada warung juga ko bisa untuk menikmati pemandangan sambil ngadem.. hehe

    ReplyDelete
  19. Maaf gan, kalo dari arah pasar parung terus kemana kemana lagi yah?

    ReplyDelete
  20. Assalamualaikum.,
    Maf saya mau tanya klw dri cileungsi bagai mna rute'a.??

    ReplyDelete
  21. Makan waktu +- 4 5 jam mas kalo dari cileungsi,, patokannya dari pasar parung ke arah ciseeng ,,lebih jelasny coba mas scroll komen dari atas bnyak yg udah share

    ReplyDelete
  22. KANG SAYA MAU MINTA IZIN, SAYA ADA TUGAS DARI SEKOLAH DI SURUH BUAT BLOGGER TENTANG TREVEL. JADI SAYA MINTA IJIN UNTUK COPY PASTE OKK..??????

    ReplyDelete

Mohon beri komentar anda untuk kemajuan blog kami, dan beri komentar yang baik dan sopan. Terimakasih.

Back to top ↑
Connect with Us

© 2013 Zancker Blog. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.